Categories
Uncategorized

Perbedaan Tipe Panel Amf Ats Pada Genset Ini Wajib Diketahui

Generator set atau yang biasa dikenal dengan genset merupakan sebuah mesin yang bekerja dengan bantuan bahan bakar bensin dan solar. Genset sudah menjadi kebutuhan wajib pada saat ini karena genset memiliki fungsi sebagai penyuplai listrik pada saat listrik dipadamkan oleh PLN. Jadi tidak heran lagi jika saat ini genset menjadi sebuah barang yang sangat diperlukan hal ini berkaitan dengan masa sekarang yang hampir semua aktivitas telah diatur menggunakan listrik. Jadi jika terjadi pemadaman listrik maka yang akan terjadi adalah aktivitas akan terhambat. Hal ini tentunya bukanlah keinginan dari semua orang sehingga banyak yang memutuskan untuk memilih solusi menggunakan genset.

Genset dioperasikan menggunakan mesin sehingga genset memiliki panel untuk mengontrol cara kerja genset. Panel Amf Ats merupakan panel yang terdapat pada genset dan masing-masing dari panel ini memiliki fungsi yang berbeda tetapi berkesinambungan. Amf atau automatic main failure merupakan panel genset yang memiliki fungsi otomatis untuk menghidup atau mematikan genset. Pada saat listrik padam oleh PLN maka panel ini akan langsung bekerja menghidupkan mesin genset, begitupun sebaliknya pada saat listrik menyala maka dengan otomatis akan mematikan mesin genset.

Untuk panel Ats atau automatic transfer switch ini memiliki fungsi otomatis juga untuk mentransfer energi listrik dari genset ke beban. Jadi pada saat terjadi pemadaman listrik maka panel ini akan otomatis mendeteksi dan memindahkan energi listrik dari genset ke beban. Pada saat listrik kembali dinyalakan oleh PLN maka panel ini akan otomatis mengembalikan energi listrik ke genset hal ini akan di terima oleh panel Amf selanjutnya panel Amf akan otomatis mematikan mesin genset.

Jadi perbedaan cara kerja dari Panel Amf Ats terlihat jelas dan saling berkaitan sehingga keduanya tidak dapat dipisahkan untuk cara kerja genset yang maksimal. Beberapa perbedaan dari Panel Amf Ats pada mesin genset di atas merupakan perbedaan dari cara kerja kedua panel. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *